Lanjut ke mesin 4-tak, dua buah ring kompresi yang ada di atas biasanya memiliki perbedaan bentuk dan ciri. Ring paling atas lebih mengkilap karena dilapis krom, dan bentuk sikunya agak melengkung jika dibanding dengan bentuk ring kedua yang warnanya agak gelap. Sedang bentuk ring ke-3, di bagian tengahnya terdapat beberapa buah lubang ukuran kecil, fungsinya buat penyembur oli ke arah liner silinder.
Hanya saja biar tugas dan fungsi ketiga ring sudah sesuai dengan peruntukan, hasilnya mungkin akan percuma jika terjadi kesalahan waktu proses pemasangan. Terutama saat menentukan celah ketiga ring piston saat akan ditempatkan di dalam liner silinder.
Jika celahnya terlalu sempit saat diukur pakai fuller gauge, kemungkinan besar ring piston bisa ngancing pada saat suhu mesin alami panas tinggi.
Sebaliknya jika celah terlalu rengang, bisa saja terjadi kebocoran kompresi waktu mesin berputar.
Makanya biar tidak terjadi seperti itu, sebelum ketiga ring dipasang ke piston dan dimasukkan liner silinder sebagai bukti piston dapat bekerja dengan baik, ada baiknya ring tanpa piston dimasukkan ke liner lebih dulu untuk memastikan apakah celah ring sudah pas atau ideal. Kemudian didorong piston agar posisi ring jadi lurus.
Menurut buku panduan, jarak atau celah gap ring paling ideal saat ditempatkan di lubang liner jaraknya sekitar 0,20 mm~0,32mm. Celah itu diukur pakai alat khusus bernama fuller gaugge, yang proses ukurnya dengan cara diselipkan di celah ring ketika posisinya benar-benar rata.
Tapi, jika jaraknya sudah melebihi dari angka 0,50mm, artinya ring piston tadi sudah aus dan harus segera diganti baru. Sebaliknya jika celah kurang dari 0,20mm saat dipasang di liner. Maka salah satu ujung ring masih bisa dikikis pakai kikir rata sampai celah dirasa pas.
Selain ukur celah ring piston, kemampuan ring piston juga dapat dilacak waktu komponen vital ini sedang bebas atau tidak ada tekanan. Jika ukurannya mengecil dari standar saat diukur pakai jangka sorong, artinya ring piston sudah mulai lemas atau gaya pegasnya mulai menurun. Kompresi pun rawan bocor.
Tapi, selain ukuran celah dan jarak ring waktu bebas, kemampuan ring pun juga ditentukan saat proses pemasangannya. Penempatan ketiga ring di piston posisinya juga harus berbentuk segitiga. Hal ini dilakukan untuk meminimalkan terjadinya kebocoran kompresi.
Referensi: motorplus.otomotifnet.com
Artikel Terkait:
Top 1 Oli Sintetik Mobil-Motor Indonesia
Penghargaan Terhadap Top 1 Oli Sintetik Mobil-Motor Indonesia
- Spesifikasi Honda Spacy
- Harga Servis Motor
- Spesifikasi Honda Scoopy
- Mercedes-Benz Mobil Mewah Terbaik Indonesia
- Scoopy Sumbang 13 Persen Penjualan Skubek Honda di 2011
- Honda PCX Masuk 10 Besar Skutik Terlaris di Itali
- Penyedia Part Suzuki Thunder 250
- Penjualan Sepeda Motor Honda di Dunia Tembus 18 Juta Unit
- Ragam Paket Bore-Up Honda CS-1
- Bikin Puli Skutik Lebih Licin & Lancar
- Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia
- Sekir Klep Pakai Odol
- DOLLAR GRATIS DARI INFOTECHSE
- Seting Shock Depan Buat Balap
- Keluarga Baru Kawasaki Ninja Siap Lahir
- Hasil Lomba Seri IV Kejurnas Motoprix Region 1, Palembang
Silahkan Masukan Nama dan Email anda untuk mendapatkan link download Ebook Spektakuler di atas secara
Tidak ada komentar:
Posting Komentar